Jumat, 28 November 2014

Mesin Fotokopi

Ø  Pengertian Mesin Fotokopi
Mesin fotokopi merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari berbagai sumber, seperti dokumen, buku, ataupun sumber lain. Pada masa kini, mesin fotokopi menggunakan sistem xerografi, yaitu proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik dan panas. Sementara itu, mesin fotokopi lainnya ada yang menggunakantinta.
Ø  Sejarah Penemuan Mesin Fotokopi
Sejarah awal mesin fotokopi diawali dengan penelitian dan percobaan yang sangat panjang.Awalnya, penemu sistem Xerografi, Chester Carlson, bekerja sebagai penyalin dokumen paten pada sebuah perusahaan analisis paten.Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaannya, Carlson berpikir untuk membuat sebuah alat yang dapat mencetak dokumen secara berulang-ulang.
Ø  Cara Kerja Mesin Fotocopi
1. Pengisian: silinder drum elektrostatis dibebankan oleh kawat tegangan tinggidisebut korona kawat atau roller biaya. Drum memiliki lapisan dari bahan foto konduktif. foto konduktor adalah semi konduktor yang menjadi konduktif bilaterkena cahaya.
2. Exposure: Sebuah lampu cerah menerangi dokumen asli, dan area putih daridokumen asli mencerminkan cahaya ke permukaan drum fotokonduktif. Bidangdrum yang terkena cahaya menjadi debit konduktif dan karena itu ke tanah. Daerahdari drum tidak terkena cahaya (daerah-daerah yang sesuai dengan bagian hitamdari dokumen asli) tetap bermuatan negatif. Hasilnya adalah gambar laten listrikpada permukaan drum.

3. Mengembangkan: Toner bermuatan positif. Ketika diterapkan ke drum untukmengembangkan image, maka tertarik dan menempel pada daerah yangbermuatan negatif (daerah hitam), seperti kertas menempel pada balon mainandengan muatan statis.
4. Transfer: Gambar toner yang dihasilkan pada permukaan drum akan ditransferdari drum ke sehelai kertas dengan muatan negatif lebih tinggi dari drum.
5. Sekering: Toner dilebur dan terikat ke kertas dengan rol panas dan tekanan
Ø  Jenis-jenis Mesin Fotocopy

1.                   1. Mesin foto copy kecil Mesin foto copy kecil (Portable), Ciri-cirinya antara lain : mudah dijinjing, kecepatan menyalin 5-10 lembar per menit, dengan ukuran kertas A4 (210 x 297 mm)
2.                   2. Mesin foto copy sedang Mesin foto copy sedang (standar), berat mesin ± 70 kg kecepatan menyalin 15-25 lembar per menit, dengan ukuran kertas A3 (297×420 mm) dan B4 (257×364 mm)

3.                   3. Mesin foto copy besar Mesin foto copy besar, berat mesin di atas 70 kg kecepatan menyalin minimal 3 lembar per menit, dapat memperbesar dan memperkecil, menggandakan pada kertas berwarna, serta dilengkapi dengan alat sortir papan dokumen otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar